JPNN.com

Jangan Asal, Pilih Makanan dengan Bijak

Selasa, 10 September 2019 – 04:13 WIB Jangan Asal, Pilih Makanan dengan Bijak - JPNN.com

jpnn.com - Jika ingin meningkatkan kesehatan tubuh, maka tidak cukup hanya dengan aktivitas fisik secara rutin saja. Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat, salah satunya dengan mengurangi asupan kalori dari menu sehari-hari. Akan tetapi, bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Faktanya, peneliti dari Duke University di North Carolina menyebut bahwa mengurangi asupan kalori dari makanan yang Anda konsumsi dengan kadar tertentu bisa membantu menurunkan risiko gangguan metabolis, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol dan trigliserida tinggi, serta berat badan berlebih.

Dalam studi yang dilakukan selama 2 tahun dan telah diterbitkan di jurnal The Lancet Diabetes and Endocrinology itu, peneliti mendapatkan hasil bahwa kelompok yang memangkas 12 persen total kalori harian, atau sekitar 300 kalori, mengalami penurunan lemak tubuh sekitar 7 kg.

Temuan ini membuat para peneliti yang terlibat berpendapat bahwa memangkas kalori dalam jumlah moderat berpotensi meningkatkan kesehatan tubuh dan kualitas hidup, termasuk membuat umur lebih panjang.

Memilih makanan dengan lebih bijak

Jumlah asupan kalori yang ideal dalam sehari berbeda-beda pada setiap individu. Hal itu bergantung dari usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan, serta aktivitas yang dilakukan.

Namun, menurut U.S. federal dietary guidelines yang dikeluarkan Departemen Kesehatan Amerika Serikat, rata-rata wanita dewasa membutuhkan 1.600 hingga 2.400 kalori per hari. Sedangkan pada pria dewasa, rata-rata membutuhkan 2.000 hingga 3.000 kalori per hari.

Bagi Anda yang ingin memangkas 300 kalori per hari, maka Anda mesti benar-benar memperhatikan segala asupan yang dikonsumsi. Anda perlu berpikir dua kali sebelum mengonsumsi kacang, cokelat, keju, pasta, dan roti. Sebab, semuanya mengandung kalori yang cukup tinggi.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...