5 Gerakan Yoga ini Efektif Membakar Kalori

5 Gerakan Yoga ini Efektif Membakar Kalori
Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Salah satu jenis olahraga yang terbukti ampuh untuk membakar kalori adalah yoga. Jenis olahraga ini sering dipilih, karena menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh bagian luar maupun dalam. Kendati demikian, yoga merupakan olahraga yang tergolong sulit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Yoga dikatakan sulit karena gerakan yang dilakukan melibatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan daya tahan. Namun, karena melibatkan semua aspek tersebut, yoga dapat dengan efektif bakar kalori.

Faktanya yoga dapat membakar 180–600 kalori per jam. Sedikit banyaknya kalori yang dihabiskan bergantung pada jenis gerakan yoga yang dilakukan. 

Gerakan yoga untuk bakar kalori
Beberapa jenis gerakan yoga yang terbukti dapat membakar banyak kalori dengan efektif, di antaranya:

1. Wheel

Wheel adalah gerakan yoga yang banyak membakar kalori karena melibatkan kontraksi otot kaki, bokong, pundak, dan tangan. Gerakan ini cukup sulit dilakukan, sehingga membutuhkan latihan dan pemanasan yang memadai. 

Seperti namanya, gerakan wheel menuntut pelakunya untuk melengkungkan tubuh seperti roda dengan posisi tubuh menghadap atas. Gerakan ini seperti kayang, yaitu dimulai dari posisi berbaring dengan tubuh menghadap ke atas, kemudian kaki dan tangan diposisikan menapak ke lantai dan tubuh diangkat. Karena gerakan ini cukup sulit, banyak yang menggunakan alat bantu seperti balon yoga pada bagian punggung untuk menopang tubuh. 

2. High lunge

Gerakan yoga mana yang jadi favorit Anda untuk membakar kalori? Lakukan gerakan tersebut secara rutin, teratur, dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan, agar risiko terjadinya cedera bisa diminimalkan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News