JPNN.com

Manfaat Yoga untuk Tubuh dan Pikiran Awet Muda

Minggu, 14 Juli 2019 – 14:07 WIB Manfaat Yoga untuk Tubuh dan Pikiran Awet Muda - JPNN.com

jpnn.com - Awet muda dengan yoga bukanlah sesuatu yang tak mungkin. Selain untuk relaksasi, meningkatkan fleksibilitas tubuh, dan latihan pernapasan, ternyata yoga bisa dimanfaatkan untuk tubuh dan pikiran tetap awet muda. Selain menerapkan pola makan bergizi dan seimbang, istirahat cukup, serta menjauhi kebiasaan tak sehat, olahraga juga bisa menjadi cara agar hidup awet muda. Salah satu olahraga yang menjadi andalan adalah yoga.

Yoga berkaitan dengan praktik menerapkan postur dan mengintegrasikan gerakan anggota tubuh dan pikiran. Popularitas yoga di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, terus meningkat.

Mereka yang mempraktikkan yoga sering kali bercerita tentang efek positif yang dirasakan terhadap kesehatan fisik dan mental. Berangkat dari situ, banyak pakar mencoba melakukan verifikasi benar atau tidaknya manfaat tersebut.

Berikut beberapa manfaat yoga untuk tubuh dan pikiran:

1. Menurunkan kecemasan dan depresi

Beberapa penelitian menemukan bahwa praktik yoga yang bervariasi mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Sebagai contoh, satu penelitian tahun 2017 menyimpulkan, mereka yang berpartisipasi dalam suatu program yoga mengalami tingkat ansietas dan depresi lebih rendah.

2. Risiko gangguan kognitif pada lansia lebih rendah

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2016 mendapatkan kesimpulan bahwa mempraktikkan yoga berkaitan dengan risiko lebih rendah pada lansia mengalami gangguan kognitif.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...