Ingin Awet Muda? Hindari 5 Makanan Pemicu Kerutan Ini  

Ingin Awet Muda? Hindari 5 Makanan Pemicu Kerutan Ini  
Ilustrasi wajah keriput. Foto:diario4v

jpnn.com - Penuaan dini menjadi momok yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Berbagai upaya pun dilakukan agar wajah tetap awet. Tak hanya perawatan di klinik kecantikan dan mengonsumsi makanan kaya akan kolagen, sebaiknya juga menghindari makanan dan minumam yang dapat memicu kerutan dan penuaan dini.

Dilansir dari Live Strong, setidaknya ada lima makanan dan minumam yang sebaiknya dihindari karena memicu kerutan serta penuaan dini datang lebih cepat.

1. Gula

Permen dan makanan manis tidak hanya merusak gigi mereka juga bisa membuat kulit menua. Produksi kolagen secara alami berkurang seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi gula berlebih bisa lebih mempercepat prosesnya. Dokter Naturopathic, Trevor Cates, menulis dalam bukunya Clean Skin from Within bahwa gula meningkatkan efek merusak kolagen glikasi dan mempercepat penuaan kulit. Dia menambahkan bahwa makan terlalu banyak gula dapat memicu jerawat.

BACA JUGA: Tunda Penunaan Dini dengan Konsumsi 5 Makanan Kaya Kolagen Ini

2. Kafein

Kafein dalam kopi akan membuat semangat. Anda berisiko memiliki kerutan tambahan. Kafein memiliki efek pada penuaan karena memicu pelepasan kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang dapat berkontribusi pada penambahan lemak dan penuaan.

BACA JUGA: 6 Kebiasaan Sehari-hari ini Bisa Mempercepat Penuaan

Ada lima makanan dan minumam yang sebaiknya dihindari karena memicu kerutan serta penuaan dini datang lebih cepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News