Jangan Lewatkan, Saksi Ahli Bakal Peragakan Reaksi Sianida Malam ini

Jangan Lewatkan, Saksi Ahli Bakal Peragakan Reaksi Sianida Malam ini
Jessica Kumala Wongso bersama kuasa hukumnya. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - ‎Saksi ahli yang dihadirkan pihak Jessica Kumala Wongso, Budiawan akan menggelar ujicoba dengan menggunakan berita acara pemeriksaan (BAP) dari penyidik.

"Saya kasih tahu saja, kalau misalkan mau tahu hasilnya, bisa nonton di salah satu stasiun televisi swasta nanti malam. Saya ada simulasi yang sama soal itu," kata Budiawan dalam sidang perkara kematian Wayan Mirna Salihin di PN Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Hal ini diungkapkannya, setelah dirinya menemukan 7.400 mg/liter sianida ‎tidak menyebabkan orang sekitar Mirna menunjukkan efek.

"Saya sudah bilang, 7.400 mg/liter sianida itu sangat besar. Di lab saja, untuk penelitian, 10 mg/liter sianida hitungannya sudah maksimal‎," kata dia.

Menurut Budiawan, 7.400 mg/liter sianida tersebut, seharusnya membuat orang sekeliling Mirna mengalami pusing, bahkan pingsan.

Menanggapi itu, JPU sempat mengulik ujicoba yang sudah dilakukan oleh Toksikolog Forensik, I Made Agus Gelgel Wirasuta‎. Menurut JPU, saat dilakukan dengan sampel 7.500 mg/liter sianida, orang di sekitar tidak menunjukkan reaksinya seperti yang diungkap Budiawan.

"Tapi, ahli dari kami, yang melakukan percobaan juga, dengan empat gelas, tidak terjadi hal seperti yang ahli sampaikan," jawab JPU.

Namun, Budiawan menegaskan bila hal itu dilakukan, maka pasti seluruh orang yang berada dekat Mirna saat itu bisa terdampak akibat sianida dalam jumlah banyak tersebut.

JAKARTA - ‎Saksi ahli yang dihadirkan pihak Jessica Kumala Wongso, Budiawan akan menggelar ujicoba dengan menggunakan berita acara pemeriksaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News