JPNN.com

Jangan Melewatkan Menyikat Gigi di Malam Hari

Jumat, 08 November 2019 – 23:04 WIB Jangan Melewatkan Menyikat Gigi di Malam Hari - JPNN.com

jpnn.com - Masih suka melewatkan sikat gigi sebelum tidur? Selain pada pagi hari, ada beberapa alasan menyikat gigi di malam hari itu juga sangat penting demi menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Menyikat gigi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Senyum yang indah serta bau napas yang segar akan meningkatkan rasa percaya diri, terutama saat berinteraksi dengan orang lain.

American Dental Association (ADA) merekomendasikan aktivitas sikat gigi dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, selama 2 menit setiap sesinya. Pemilihan sikat gigi pun harus tepat, agar gigi bersih dari sisa makanan hingga sela-selanya.

Tujuan menyikat gigi

Menyikat gigi secara teratur dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan plak pada permukaan gigi. Plak merupakan lapisan lengket berwarna putih yang terbentuk pada gigi dan mengandung bakteri.

Setelah Anda menyantap makanan atau minuman yang mengandung gula, bakteri dalam plak menghasilkan asam yang akan menyerang lapisan pelindung gigi dan secara perlahan menghancurkannya. Asam kemudian memecah lapisan tersebut, sehingga menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi.

Selain itu, plak yang menumpuk lama-lama akan mengeras menjadi karang gigi. Jika sudah begini, karang gigi tak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi dan/atau obat kumur. Dibutuhkan bantuan dokter gigi untuk membersihkannya hingga tuntas.

Dengan rutin menyikat gigi selama 2 menit dan menggunakan teknik yang tepat, kerusakan gigi bisa dicegah.

Alasan Anda perlu menyikat gigi di malam hari

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...