Janji Awasi Korupsi Habis-habisan

Janji Awasi Korupsi Habis-habisan
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Edy Ramli Sitanggang, usai rapat internal Komisi III DPR di Senayan, Senin (26/10). (foto: sam/JPNN)
JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, Komisi III DPR menggelar rapat internal di Senayan, Senin (26/10). Dalam pertemuan perdana itu dibahas berbagai persoalan, terutama menyangkut kinerja aparat hukum. Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai demokrat, Edy Ramli Sitanggang, mengatakan, seluruh rekannya di Komisi III dalam rapat internal ini telah berkomitmen untuk memperjuangkan agar hukum tetap menjadi penglima di negeri ini.

Upaya pemberantasan korupsi telah disepakati menjadi salah satu yang diprioritaskan untuk terus diawasi dari Senayan. "Korupsi akan kita awasi habis-habisan. Di negara kita ini, korupsi telah menjadi penyakit kronis, barangkali melebihi stadium tiga. Bersama dengan kabinet SBY, kita perlahan-lahan akan mengobati penyakit kronis ini," ulas Edy Sitanggang kepada JPNN, usai rapat.

Secara pribadi, dia berjanji akan terus menyoroti kinerja kepolisian dan kejaksaan. Katanya, pembenahan dua institusi itu memang harus menjadi prioritas lantaran masyarakat luas hingga saat ini masih memberikan persepsi yang miring terhadap kejaksaan dan kepolisian. Padahal, katanya, kinerja kedua instansi penegak hukum itu tidak semuanya buruk. "Ada plus minusnya," imbuhnya.

Kinerja korps baju coklat dia soroti. Persoalan makro di level nasional, katanya, perekrutan dan penempatan personil polisi belum berdasarkan kriteria yang jelas dan track record pejabat yang menempati jabatan baru sering kali mengecewakan. "Saya melihat, penempatan jabatan di kepolisian lebih berdasarkan pengelompokan, atau istilahnya gerbongnya ini, gerbongnya itu. Kalau kriteria gerbong terus dipakai, sulit untuk mendapatkan yang profesional," beber wakil rakyat dari dapil Sumut itu.

JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, Komisi III DPR menggelar rapat internal di Senayan, Senin (26/10). Dalam pertemuan perdana itu dibahas berbagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News