Janji Percepat Pembangunan Giant Sea Wall

Janji Percepat Pembangunan Giant Sea Wall
Janji Percepat Pembangunan Giant Sea Wall

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke memperingatkan pemerintah provinsi yang pernah dipimpinnya akan bahaya banjir besar yang mengancam ibu kota. Menurutnya, jika tidak dicegah maka banjir besar dapat menenggelamkan kota Jakarta.

Menanggapi peringatan Foke, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku sangat sadar dengan ancaman tersebut. Untuk itu Jokowi berusaha mempercepat pembangunan tanggul raksasa alias Giant Sea Wall yang digagas seniornya tersebut. "Sebenarnya rencana awal mulai tahun 2020, tapi akan kita percepat supaya tahun 2014 bisa dimulai," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (26/8).

Jokowi mengaku belum pernah membahas secara langsung dengan Foke mengenai ancaman banjir Jakarta. Namun, ia tetap mengapresiasi masukan dari pendahulunya tersebut.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menilai peringatan dari Foke bukan sesuatu yang baru. Ia mengaku sudah tahu mengenai ancaman banjir tersebut sejak lama.

"Dari zaman saya sekolah, Jakarta sudah diperingati tenggelam. Kita mesti siap-siap beresin. Seperti normalisasi sungai dan waduk buat pulau untuk penahan rob, pasang pompa yang bener, seperti itu," papar mantan anggota DPR RI ini.

Sama seperti Jokowi, Ahok tetap mengapresiasi peringatan tersebut. Apalagi peringatan datang dari Foke yang berpengalaman puluhan tahun  mengurusi Jakarta.

"Pak Foke kan lebih berpengalaman karena dia kan wakil gubernur, dari PNS di sini. Dari muda sampai pensiun di sini," tandasnya.

Seperti diketahui, kemarin Foke menggelar acara halal bihalal di kediamannya di kawasan Menteng. Di sela-sela acara, ia menyebutkan bahwa saat ini Jakarta berada di posisi 11 dalam daftar 20 kota yang rawan tenggelam akibat banjir di dunia.

JAKARTA - Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke memperingatkan pemerintah provinsi yang pernah dipimpinnya akan bahaya banjir besar yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News