Janjikan, Tahun Depan Tanpa Genangan di Jalan

Janjikan, Tahun Depan Tanpa Genangan di Jalan
Janjikan, Tahun Depan Tanpa Genangan di Jalan
JAKARTA - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta sepanjang tahun ini akan bekerja ekstrakeras untuk menghilangkan genangan di sejumlah jalan protokol. Program tersebut digeber satu paket dalam 19 program yang ditargetkan selesai akhir tahun ini. Total APBD menganggarkan Rp 500 miliar. ’’Pak Gubernur memerintahkan tahun ini genangan di jalan protokol harus bisa diatasi. Jadi tahun ini kami fokus penanganan itu,’’ ujar Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Fahrurrozi.

Jumlah genangan yang akan diselesaikan sepanjang tahun ada 33 titik. Seperti sudirman-Thamrin, Jalan Sabang, Jalan Blora, Jalan Sumenep, samping Hotel Mandarin, Arjuna Selatan, Jalan Pangeran Jayakarta, Menteng, Kampung Bandan, Gatot Subroto depan Polda, Jalan Wahid Hasyim, Kebon Nanas, Pasar Jumat, Yos Sudarso, serta lokasi lainnya.

Rekayasa minimalisasi genangan di jalan protokol dilakukan dengan pengurasan drainase, memperbanyak tali, memperlebar mulut drainase, serta pemasangan pompa. Selain itu, juga dilakukan penyodetan saluran untuk mempercepat air sampai di saluran utama serta pembangunan drainase baru.

   

Fahrurrozi menyebutkan, dari 19 program yang digeber tahun ini, ada satu yang dibatalkan. Yakni pembangunan tanggul Situ Arman Pendongkelan senilai Rp 6 miliar. Situ tersebut lokasinya perbatasan dengan Depok. Sebagian masuk wilayah Depok, sebagian lagi masuk DKI. Pemerintah pusat sendiri juga ikut andil dalam pembangunan itu. Sementara program lainnya saat ini sudah dalam tahap lelang. Yang sudah berjalan ada empat program.

JAKARTA - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta sepanjang tahun ini akan bekerja ekstrakeras untuk menghilangkan genangan di sejumlah jalan protokol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News