Januari 2012, SBY Ajak Tokoh Papua Berdialog

Januari 2012, SBY Ajak Tokoh Papua Berdialog
Januari 2012, SBY Ajak Tokoh Papua Berdialog
MANOKWARI - Upaya menuju terwujudnya dialog yang konstruktif terkait permasalahan di tanah Papua tengah dilakukan oleh pemerintah pusat. Sekretaris UP4B (Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat), Felix Wanggai mengatakan, pemerintah sedang memetakan kelompok-kelompok strategis di tanah Papua yang memiliki pemikiran-pemikiran konstruktif.

‘’Presiden memiliki komitmen untuk membuka dialog konstruktif dengan saudara-saudara di tanah Papua. Dari berbagai pemikiran yang beragam, kemudian pemerintah menyusun mekanisme komunikasi termasuk agenda-agenda yang bersifat substansif,’’tutut Felix kepada wartawan di Swiss-belhotel Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Dikatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memulai melakukan dialog dengan sejumlah tokoh Papua. Belum lama ini, 16 Desember 2011, SBY berdialog dengan beberapa tokoh agama yakni, Socrates Yoman, Benny Giay, Pdt Marthen Wanma, Pdt Yemima Krey. ‘’Pertemuan Bapak Presiden dengan tokoh-tokoh agama ini merupakan awal komunikasi atau awal dialog. Semacam belanja masalah dari berbagai pandangan para gembala-gembala ini,’’ tandasnya.

Menurut Felix, pertemuan presiden dengan tokoh agama ini merupakan pintu awal. Dan direncanakan pada minggu pertama atau kedua Januari 2012 mendatang, SBY akan kembali menggelar dialog dengan tokoh agama yang lain.‘’Akan menyerap dulu pandangan pilar utama di tanah Papua ini,’’ imbuhnya.

MANOKWARI - Upaya menuju terwujudnya dialog yang konstruktif terkait permasalahan di tanah Papua tengah dilakukan oleh pemerintah pusat. Sekretaris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News