Januari, Ekspor Non-migas Tembus Target

Dipicu Tingginya Permintaan Batubara

Januari, Ekspor Non-migas Tembus Target
Januari, Ekspor Non-migas Tembus Target
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Mahendra Siregar, menerangkan bahwa pertumbuhan angka ekspor non-migas Indonesia mengalami peningkatan. Angka itu katanya, bahkan mampu melampaui target pemerintah yang telah ditetapkan dalam Renstra Kementerian Perdagangan (Kemendag) 2010-2014, yakni sebesar 7 sampai 8,5 persen pada tahun 2010 ini.

"Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya data bahwa nilai ekspor non-migas Indonesia di bulan Januari 2010 meningkat hingga 47,6 persen, atau sebesar USD 3 miliar lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan Januari 2009 lalu," terang Mahendra di Gedung Kemendag RI, Rabu (10/3).

Penguatan ekspor non-migas pada bulan Januari 2010 ini, lanjut Mahendra, antara lain didorong oleh peningkatan ekspor dari seluruh sektor. Di mana peningkatan tertinggi katanya, terjadi pada sektor pertambangan yang naik hingga mencapai 108,7 persen.

"Peningkatan ini terutama terjadi pada komoditas batubara dan tembaga, karena permintaannya cukup tinggi dari China, Amerika Serikat dan Jepang, untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya akibat musim dingin," jelas Mahendra.

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Mahendra Siregar, menerangkan bahwa pertumbuhan angka ekspor non-migas Indonesia mengalami peningkatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News