Jarak Tempuh Uji Dinamis LRT Palembang sudah Sampai Bandara

Jarak Tempuh Uji Dinamis LRT Palembang sudah Sampai Bandara
Jalur LRT Palembang. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Jarak tempuh uji dinamis Light Rail Transit (LRT) Sumsel pada Minggu malam (1/7) malam makin jauh. Pengujian sudah mencapai Stasiun RSUD Sumsel dengan jarak tempuh 15 km.

Dini hari (3/7), pengujian pun dilakukan sampai stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) LRT Sumsel, Suranto mengatakan uji dinamis sampai stasiun RSUD cukup mendapat tantangan. Sebab jalur yang ditempuh masuk ke beberapa tikungan cukup tajam. Saat melintasi tikungan, kereta diuji menggunakan kecepatan sedang.

"Namun, pada prinsipnya kami telah mendapatkan parameter yang diinginkan agar kereta bisa melaju dengan aman," ujar Suranto saat dibincangi awak media, kemarin (2/7). 

Suranto mengatakan pengujian sampai Stasiun Bandara setelah jalur selesai disterilisasi. "Sarana kelistrikan sepanjang jalur Stasiun RSUD sampai Bandara SMB II sudah siap," katanya. 

Dijelaskan, perkembangan uji dinamis kereta LRT menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Sehingga, pihaknya tak akan mengurangi jadwal launching LRT yang rencananya digelar 15 Juli mendatang, dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo.

Terkait kepastian Presiden me-launching LRT Sumsel, Suranto mengaku pihaknya dalam hal ini Kementerian Perhubungan belum melakukan pembicaraan dengan Sekretaris Kabinet. "Untuk jadwal launching sepertinya belum ada perubahan. Apalagi, proses uji dinamis berjalan lancar," terangnya. 

Suranto mengatakan trainset LRT Sumsel 5 dan 6 sudah tiba malam kemarin dan akan diangkut ke Depo dari Pelabuhan Boom Baru. Dengan tambahan itu, maka total trainset yang sudah ada di Palembang sebanyak 6 unit. Terkait 2 unit trainset yang tersisa, Suranto menargetkan tiba di Palembang 10 Juli mendatang.

Jarak tempuh uji dinamis Light Rail Transit (LRT) Sumsel pada Minggu malam (1/7) malam makin jauh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News