Uji Coba, Kecepatan LRT Sumatera Selatan Capai 85 Km/Jam

Uji Coba, Kecepatan LRT Sumatera Selatan Capai 85 Km/Jam
Uji coba LRT Sumatera Selatan. Foto dok huma Kemenhub

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Uji coba LRT Sumatera Selatan sudah dilakukan oleh Tim Terpadu, yang sepenuhnya dilakukan oleh anak-anak bangsa.

Mereka yakni Ditjen Perkeretaapian, PT KAI, PT Waskita Karya, PT Len, dan PT INKA. Hasil uji terakhir telah dilaksanakan dan dilakukan uji coba operasi pada 25 Juni 2018, di mana kereta dengan kondisi prasarana dan peralatan sistem pengoperasian yang ada bisa berjalan dengan kecepatan operasi 85 km/jam, sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

PPK LRT Sumsel Suranto menjelaskan LRT Sumsel didesain menggunakan konstruksi jalur layang (elevated track) dengan lebar spoor 1067 mm, yang dilengkapi third rail sebagai power supply.

Konstruksi elevated track dipilih dengan pertimbangan untuk meminimalkan pembebasan lahan dan meminimalkan masalah sosial seperti saat diperlintasan sebidang yang dilewati.

Selain itu, juga untuk menjaga kelandaian maksimum jalur untuk kenyamanan penumpang serta efisiensi biaya operasional dan biaya perawatan. Mengingat lintasan rel LRT mengandung listrik tegangan tinggi, yang diambil dari bawah dengan menggunakan third rail pada sisi luar jalur kereta atau di tengah-tengah jalan rel.

"Akan sangat berbahaya apabila tidak dibangun secara elevated. Jika dibandingkan dengan konstruksi at grade, elevated track dapat meminimalisasi kebutuhan ruang bebas serta mengurangi biaya pemeliharaan," jelas dia.

Pembangunan LRT Sumatera Selatan sambung dia, sesuai dengan semangat RIPNas yang direncanakan bisa terhubung dengan simpul-simpul moda transportasi lain.

"Moda transportasi kereta api harus bisa terhubung dengan bandara, pelabuhan, terminal bus dan stasiun kereta yang ada. Untuk sementara, dalam tahapan awal dilaksanakan pekerjaan konstruksi yang bersifat major item dan manfaatnya langsung bisa dirasakan masyarakat," tandasnya.(chi/jpnn)


LRT Sumsel didesain menggunakan konstruksi jalur layang (elevated track) dengan lebar spoor 1067.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News