Jaring Capres Lewat Konvensi, Demokrat Tuai Pujian

Jaring Capres Lewat Konvensi, Demokrat Tuai Pujian
Jaring Capres Lewat Konvensi, Demokrat Tuai Pujian
JAKARTA - Rencana Partai Demokrat (PD) menggelar konvensi guna menjaring Calon Presiden (Capres) dalam Pemilu 2014, dinilai sebagai langkah cerdas. Paling tidak Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD, meyakini langkah tersebut dapat menaikkan kembali kepercayaan publik terhadap PD.

"Itu merupakan langkah cerdas. Karena ini berarti Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden/Ketua Umum PD,red) menjadi pimpinan partai politik (parpol) pertama yang menjawab gugatan masyarakat terhadap oligarki parpol," ujarnya dalam siaran pers yang diterima, Senin (7/4) dini hari.

Mantan Ketua MK ini menilai, dengan menyerahkan capres kepada publik, secara tidak langsung SBY memberi penagasan bahwa pencalonan presiden diterjemahkan dinamis dari konstitusi yang semula dianggap membelenggu calon non partai.

"Konvensi ini untuk menegaskan bahwa penentuan calon pimpinan nasional tak sepenuhnya ditentukan oleh pengurus parpol. Melainkan ditentukan bersama dengan kehendak publik. Di mana orang meski tidak menjadi anggota parpol, tetap berpeluang menjadi capres atas kehendak rakyat," ujarnya di sela-sela pelaksanaan ibadah umroh, di Jeddah, Arab Saudi.

JAKARTA - Rencana Partai Demokrat (PD) menggelar konvensi guna menjaring Calon Presiden (Capres) dalam Pemilu 2014, dinilai sebagai langkah cerdas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News