Jaringan Kaum Muda Tekankan Arti Penting Pancasila

Jaringan Kaum Muda Tekankan Arti Penting Pancasila
Jaringan Kaum Muda (JKM) turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar acara bertema Pancasila dan Islam. Foto: JKM

jpnn.com, JAKARTA - Jaringan Kaum Muda (JKM) turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar acara bertema Pancasila dan Islam di Restoran Handayani, Jakarta Timur, Sabtu (1/6).

Beberapa inisiator JKM yang hadir antara lain mantan Ketua Umum PP GPII Karman BM, Mulyadi (mantan ketua umum PB HMI) dan Chrisman Damanik (mantan ketua Presidium GMNI).

Ada pula mantan ketua umum PP KAMMI) Kartika, Beni Pramula (mantan ketua umum DPP IMM), beserta kader-kader Organisasi Kepemudaan (OKP) Kelompok Cipayung.

BACA JUGA: GERCIN: Masyarakat Harus Bersatu Merawat NKRI Sesuai Ideologi Pancasila

Sementara itu, pembicara yang hadir antara lain mantan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latif dan Ketua Umum Perhimpunan Gerakan Kebangsaan (PGK) Bursah Zarnubi.

Yudi Latif menerangkan, ada tiga tahap untuk mengembangkan Pancasila. Pertama, pengembangan tata nilai. Basis nilai ada di sila pertama sampai ketiga.

"Harmoni keragaman akan tercipta dengan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam," kata Yudi.

Kedua, tata kelola. Kunci tata kelola Indonesia diapit antara sila ketiga dan kelima. Tugas tata kelola ini dilakukan oleh lembaga negara.

Jaringan Kaum Muda (JKM) turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar acara bertema Pancasila dan Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News