Jasad Kim Dipamerkan Dalam Peti Kaca

Jasad Kim Dipamerkan Dalam Peti Kaca
Jasad Kim Jong Il yang disemayamkan di mausoleum. Foto : AP
PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) terus memberikan kesempatan kepada seluruh warganya untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kim Jong-il. Kemarin (20/12) jasad tokoh 69 tahun itu disemayamkan dalam sebuah peti kaca di Kumsusan Memorial Palace, Pyongyang.

Putra ketiga dan anak bungsu (keempat) Kim, Kim Jong-un, 29, menjadi orang pertama yang memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah tokoh bergelar pemimpin besar atau sang jenderal tersebut. Tampilnya Jong-un untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Kim mengindikasikan bahwa transisi kekuasaan di Korut berjalan lancar.

Di mausoleum tempat jasad penguasa Korut sebelumnya Kim Il-sung diawetkan itu, jasad Kim akan disemayamkan sampai 28 Desember. Saat itu, jenazah Kim bakal dimakamkan. Masa berkabung di Korut baru akan berakhir pada 29 Desember mendatang.

Jasad Kim berada dalam peti kaca yang berselimut kain merah. Di sekelilingnya, terhampar bunga merah bernama kimjongilia. Diiringi alunan musik, para pejabat dan tokoh di Korut memberikan penghormatan terakhir kepada Kim. Seperti Jong-un, mereka hening sejenak di depan jasad Kim dan kemudian mengelilingi peti kaca tersebut.

PYONGYANG - Pemerintah Korea Utara (Korut) terus memberikan kesempatan kepada seluruh warganya untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News