Jatah Demokrat dan PKS Berkurang

Muhaimin dan Andi Mallarangeng Aman dari Reshuffle

Jatah Demokrat dan PKS Berkurang
Jatah Demokrat dan PKS Berkurang
JAKARTA - Komposisi jatah kursi partai politik dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid dua mengalami perubahan. Dua dari enam parpol anggota koalisi mengalami pengurangan kursi masing-masing satu kursi, yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

     

Demokrat yang kehilangan dua pos, yakni kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (sebelumnya kementerian kebudayaan dan pariwisata) dan kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mendapat ganti kementerian hukum dan HAM.

     

:POLLING Sementara PKS, harus melepas pos kementerian Riset dan Tekonologi yang selama ini diduduki Suharna Surapranata. Meski sudah berkomunikasi dengan pimpinan partainya, keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, sepertinya tidak memerhatikan ancaman dari PKS yang sempat mengultimatum akan menarik seluruh kadernya dari kabinet jika ada salah satu yang terkena reshuffle.

     

Empat parpol anggota koalisi lainnya, yakni Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tidak berubah jatah kursinya. Mereka hanya mengalami pergantian personil atau pertukaran pos. Ada lima menteri yang berganti posisi dan tujuh muka baru yang masuk dalam kabinet hasil kocok ulang (selengkapnya lihat grafis).

     

JAKARTA - Komposisi jatah kursi partai politik dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid dua mengalami perubahan. Dua dari enam parpol anggota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News