Jawa Pos Media Paling Dipilih Pembaca

Raih Customer Satisfaction Award 2013

Jawa Pos Media Paling Dipilih Pembaca
Foto: RAKA DENNY/JAWAPOS Newspaper of the Year: Debnath Guharoy Regional Director Asia Pacific, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Leak Kustiya dan Ira Soekirman di Jakarta (28/3). Roy Morgan International memberikan penghargaan Contenders for Newspaper of the Year kepada Jawapos, setelah berhasil menyisihkan Kompas, Kedaulatan Rakyat dan Pikiran Rakyat.

Jawa Pos sebagai media dengan jaringan terluas di Indonesia meraih Customer Satisfaction Award 2013 dari Roy Morgan International Research. Penghargaan ini diserahkan Regional Director Roy Morgan Asia, Debnath Guharoy kepada Pemimpin Redaksi Jawa Pos, Leak Koestiya dalam acara Gala Dinner Roy Morgan di Jakarta, Kamis (28/3) malam.

Jawa Pos menjadi media nasional di Indonesia yang paling dipilih (most preferred media) oleh pembaca berdasarkan survei yang dilakukan Roy Morgan di 17 provinsi, 22 kota besar dan 23 kota kecil. Dalam survei ini, Jawa Pos menyisihkan tiga media nasional lain.

Leak Koestiya mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari sajian terbaik yang diberikan Jawa Pos kepada pembacanya setiap pagi. "Setiap pagi kami ingin memberikan informasi terbaik bagi pembaca. Dan penghargaan ini menjadi bukti apa yang diberikan Jawa Pos kepada pembaca setiap hari adalah yang terbaik, yang dikerjakan oleh jurnalis profesional. Besok pagi jangan lupa baca Jawa Pos ya," kata Leak diselingi promosi di depan undangan gala dinner.

Menurut Leak, penghargaan ini semakin menguatkan pemikiran bahwa maju atau tidaknya industri surat kabar sangat ditentukan oleh kemampuan manajemen perusahaan media dalam menyesuaikan diri dengan perkembangan kebutuhan pembaca. Dituturkannya, Jawa Pos sebagai koran yang mengedepankan inovasi, semua rubriknya dibuat semata untuk kepuasan pembaca. "Penghargaan ini juga merupakan penghargaan atas respon pembaca kepada Jawa Pos," ujar pria berkacamata itu.

Jawa Pos, kata Leak, setiap harinya dibaca lebih dari 2,3 juta pembaca. Kini, koran terbitan Surabaya itu juga telah menemukan format yang terbaiknya hingga setiap rubrik tersebut. Misalnya saja rubrik yang berkaitan dengan anak muda.

Sementara Director Roy Morgan Research, Irawati Soekirman mengatakan, tolok dalam riset yang dilakukannya adalah tingkat keterpilihan media oleh masyarakat. "Tolok ukurnya preferensi, mana yang lebih dipilih oleh masyarakat. Hasil riset kita menunjukkan kebanyakan ya Jawa Pos," ujar Ira yang ditemui jpnn.com usai acara itu.(Fat/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Masih Sarapan Indomie?

Jawa Pos sebagai media dengan jaringan terluas di Indonesia meraih Customer Satisfaction Award 2013 dari Roy Morgan International Research.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News