Jawaban Mahfud MD soal Kepulangan Anak-Anak dari eks ISIS: Benar Ada Enggak Itu?

Jawaban Mahfud MD soal Kepulangan Anak-Anak dari eks ISIS: Benar Ada Enggak Itu?
Jokowi dan Mahfud MD. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan anak-anak eks ISIS bisa menggunakan banyak opsi transportasi apabila diizinkan pulang ke Tanah Air. 

Dia enggan membahas lebih jauh soal kepulangan anak-anak dari eks anggota ISIS

"Bisa naik pesawat, bisa naik perahu, kalau cara pulang. Kok cara pulang kamu tanya? Naik sepeda bisa dari camp ke bandara. Naik sepeda, naik becak, terus naik pesawat, kalau cara pulang, ya," kata Mahfud di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Sejauh ini, kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu, pemerintah belum memutuskan akan mengizinkan anak-anak dari eks anggota ISIS untuk pulang. Dia menekankan bahwa opsi itu terbuka, tetapi belum diputuskan.

"Pasti saatnya diputuskan dong. Sekarang kan masih didata, ada benar enggak itu anak-anak," kata dia.

Seperti diketahui, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menilai 689 WNI terpapar ISIS atau Foreign Terrorist Fighters (FTF) tak punya hak kewarganegaraan lagi.

Salah satu indikatornya adalah saat mereka bergabung dengan kelompok terorisme di luar negeri dan melakukan pembakaran paspor.

"Karena mereka sendiri yang menyatakan sebagai stateless. Pembakaran paspor adalah suatu indikator," kata Moeldoko di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (13/2).

Pemerintah sampai saat ini belum memutuskan akan mengizinkan anak-anak dari eks anggota ISIS untuk pulang ke Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News