Jayapura ingin Berganti Nama

Jayapura ingin Berganti Nama
Jayapura ingin Berganti Nama
JAYAPURA- Kota Jaya Pura ingin berganti nama menjadi Port Numbay. Nama ini digagas oleh Walikota Jayapura Kambu. "Nama ini berciri khas dengan Papua," Kambu kepada wartawan.

Usulan Kambu, belakangan mendapatkan respon positif dari Majelis Rayat Papua (MRP). "Ide itu sangat bagus, dan kami akan mendukungnya," kata Agus Alua, ketua MRP. Bahkan, Agus ikut mengusulkan, bukan hanya kota Jayapura yang diganti. Tetapi, seluruh kota yang namanya belum bercirikan  Papua.

Seperti Abepura misalnya, juga layak diganti dengan nama kota yang bercirikan adat Numbay."Nama Abepura adalah peninggalan Kolonial Belanda yang dalam Bahasa Belanda disebut Alggumene Bercho yang artinya kuburan umum. Sedangkan Pura adalah kota, jadi Abepura bila diartikan adalah Kota Kuburan Umum. Karena zaman dulu di Abepura dulunya kuburan umum," terangnya kepada Cenderawasih Pos, akhir pekan kemarin. 

  

Selain kota dan distrik, Agus Alua juga berharap nama jalan yang ada juga diganti dengan nama yang bericirikan Papua atau menggunakan nama Pahlawan nasional. Wacana yang digulirkan Pemkot Jayapura menurut Agus Alua perlu diikuti oleh kabupaten lain khususnya yang masih menggunakan nama dari luar Papua. "Kami berharap agar nama daerah, kota atau jalan di Papua yang belum bercirikan Papua diganti dengan nama asli Papua," tandasnya.(cep/aj)

JAYAPURA- Kota Jaya Pura ingin berganti nama menjadi Port Numbay. Nama ini digagas oleh Walikota Jayapura Kambu. "Nama ini berciri khas dengan


Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News