Jelang Arus Mudik Lebaran 2019, SPKKL Sambas Tertibkan Kapal Penyeberangan

Jelang Arus Mudik Lebaran 2019, SPKKL Sambas Tertibkan Kapal Penyeberangan
Kepala SPKKL Sambas, Mayor Bakamla Arief Purwantono tampak sedang bertugas bersama instansi terkait untuk menertibkan dan resgistrasi kapal penyeberangan di Pelabuhan Penjajab, Sambas. Foto: Humas Bakamla

jpnn.com, SAMBAS - Perwakilan dari tiga instansi di Sambas Provinsi Kalimantan Barat yakni dari Badan Keamanan Laut (Bakamla), TNI AL dan Polisi Air (Polair) menggalakkan kegiatan pelayanan dan registrasi pendataan kapal yang akan keluar dan masuk dari Pelabuhan Penjajab, Sambas.

Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas, Mayor Bakamla Arief Purwantono tampak sedang bertugas bersama Kopda TTU Agung Saputra dari Pos Pengamat (Posmat) TNI AL dan Bripka Henry Kusnaryadi dari Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Sambas, di Kantor Bhabinkamtibnas Perairan Penjajab, Sambas, belum lama ini.

BACA JUGA: Puluhan PNS Bakamla Memperkuat Zona Keamanan Laut Wilayah Timur

Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap hari ini sedikit berbeda karena diwarnai dengan inspeksi mendadak (sidak) ke kapal-kapal motor penyeberangan (motor air). Motor ini merupakan sarana transportasi yang menghubungkan pelabuhan penyeberangan Penjajab Kecamatan Pemangkat dengan Pelabuhan penyeberangan Sungai Batang Kecamatan Jawai.

Kasubbag Humas Bakamla, Letkol Bakamla Mardiono menjelaskan pelaksanaan sidak ini bertujuan untuk memastikan aspek keselamatan saat arus transportasi pada bulan Ramadan yang semakin ramai dan meningkat, baik dari Pemangkat ke Jawai ataupun sebaliknya.

Di sela- sela pelaksanaan sidak, Kepala SPKKL Sambas mengingatkan para pengguna laut tentang pentingnya menjaga kebersihan selama beraktivitas di laut. “Kami mengimbau agar tidak membuang sampah ke laut,” tegas Arief Purwaantoro.(fri/jpnn)


SPKKL Sambas melaksanakan inspeksi mendadak ke kapal penyeberangan dalam rangka memastikan aspek keselamatan saat arus transportasi mudik pada bulan Ramadan 2019


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News