Jelang Iduladha Harga Cabai Terkendali, Pasokan Aman

Jelang Iduladha Harga Cabai Terkendali, Pasokan Aman
Petani cabai. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Hasil pemantauan langsung di lapangan, perkembangan harga aneka cabai secara nasional relatif aman dan stabil.

“Saya sendri memantau langsung di Kalimantan Barat, harga dan pasokan cabai di sana aman, tidak seperti yang diberitakan selama ini," ujar Kepala Sub Direktorat (Subdit) Aneka Cabai dan Sayuran Buah Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Mardiyah Hayati di Jakarta.

“Di Pasar Induk Kramat Jati Senin kemarin (23/7), harga cabai merah keriting terpantau Rp 18.000/kg, cabai rawit merah Rp 38.000/kg dan cabai besar Rp 24.000/kg. Jadi kami bisa simpulkan harga dan pasokan cabai sebenarnya sangat aman," lanjutnya menegaskan.

Surplus Produksi Cabai Juli-Agustus

Produksi cabai jelang lebaran Iduladha yang akan jatuh pada 22 Agustus 2018, juga lebih dari cukup.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto menyebut, kondisi pertanaman cabai di sentra-sentra produksi seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur saat ini sangat baik.

Pihaknya mengaku telah melakukan monitoring dan pengaturan pola tanam cabai agar produksi bisa berlangsung terus menerus.

“3 - 4 bulan sebelum Idul Adha kami sudah persiapkan pertanaman cabainya," ujar Prihasto.

Hasil pemantauan langsung di lapangan, perkembangan harga aneka cabai menjelang Hari Raya Iduladha secara nasional relatif aman dan stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News