Jelang Lebaran 2016, Ditjen Hubla Lakukan Uji Petik Kapal Penumpang

Jelang Lebaran 2016, Ditjen Hubla Lakukan Uji Petik Kapal Penumpang
Ilustrasi. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan kepada seluruh Direktur Jenderal, untuk melakukan pemeriksaan kelaikan secara menyeluruh terhadap sarana dan prasarana transportasi laut.

Itu dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pengoperasian sarana moda transportasi, khususnya pada musim Angkutan Lebaran 2016.

Menanggapi instruksi itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono langsung meminta anak buahnya melaksanakan uji kelaiklautan terhadap 1.273 kapal penumpang.

“Masing-masing Kepala Kantor di UPT Ditjen Hubla agar melaksanakan Uji Petik kelaiklautan kapal penumpang dan melaporkan hasilnya kepada Dirjen Hubla,” ucap Tonny dalam siaran persnya, Rabu (8/6).

Selain itu, Tony juga akan mengirimkan Tim Terpadu untuk melaksanakan uji petik di beberapa lokasi pelabuhan yang cukup banyak dilayari oleh kapal penumpang.

Kebijakan pelaksanaan uji petik ini, sambung Tonny, dilakukan untuk memastikan semua pelayanan memenuhi aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Jika terdapat temuan dan terbukti bahwa kapal tidak memenuhi syarat, maka kapal akan di-grounded sampai kapal diperbaiki dan dapat dipastikan dalam kondisi prima," tandas dia.

Selain memastikan sarana dan prasarana transportasi laut, Ditjen Hubla juga memastikan bahwa semua Anak Buah Kapal (ABK), yang bertugas di atas kapal dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan kepada seluruh Direktur Jenderal, untuk melakukan pemeriksaan kelaikan secara menyeluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News