JPNN.com

Jelang Pilgub, Anggaran Bansos Meningkat 300 Persen

Selasa, 19 April 2011 – 01:03 WIB
Jelang Pilgub, Anggaran Bansos Meningkat 300 Persen - JPNN.com
Jelang Pilgub, Anggaran Bansos Meningkat 300 Persen
MANOKWARI - Peningkatan alokasi dana hibah dan bantuan sosial (Bansos) pada Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua Barat tahun 2011 sungguh mencengangkan. Anggota DPRD Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie menyebutkan anggaran Bansos mencapai 300 persen dari APBD 2010.

Ijie yang juga Ketua PDIP Papua Barat itu mensinyalir, peningkatan anggaran Bansos tersebut karena tak lama lagi akan digelar pemilihan gubernur. " Untuk dibagi-bagi ke masyarakat agar dapat terpilih. Tapi, masyarakat sudah sangat pintar. Mana yang datang dengan ikhlas,mana yang datang karena kepentingan,” katanya.

Mantan Ketua DPRD ini juga menduga, peningkatan anggaran Bansos untuk membayar utang Pemerintah Provinsi Papua. Ia menyebutkan dari dana APBD tahun 2011 sekitar 60 persen yang dialokasikan untuk membayar utang. “Ini cukup mengherankan. Mengapa mesti ada utang,” katanya. Padahal menurut Ijie, banyak hal yang perlu mendapat perhatian di sektor pendidikan dan kesehatan. 

Menurut Ijie APBD Papua Barat setiap tahun sudah lebih dari cukup. Namun,patut dipertanyakan karena Pemerintah Papua Barat sampai mempunyai utang. “Realisasinya, bapak-ibu tanyakan pada mereka yang mengelola itu,” tuturnya lagi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
arwan