Jelang Ramadan, Kementan Sebut Ketersediaan Daging Sapi, Ayam, dan Telur di Jatim Aman

Jelang Ramadan, Kementan Sebut Ketersediaan Daging Sapi, Ayam, dan Telur di Jatim Aman
Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan bahwa ketersediaan pangan ternak seperti daging sapi, ayam, dan telur di Jawa Timur. Foto: Kementan

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan bahwa ketersediaan pangan ternak seperti daging sapi, ayam, dan telur di Jawa Timur terpantau aman pada saat Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Nasrullah saat melakukan pemantauan ketersediaan pangan asal ternak di Pasar Wonokromo Provinsi Jawa Timur, Kamis (31/3).

"Kami ke sini ditugaskan oleh Bapak Menteri Pertanian untuk terus memantau ketersediaan pangan asal ternak, yaitu daging sapi, daging ayam dan telur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jawa Timur tercukupi," kata Dirjen PKH Nasrullah.

“Kita dapat melihat saat ini baik di pasar maupun di sentra-sentra peternakan di Jawa Timur untuk ketersediaan daging, sapi ayam, dan telur semua aman”, ungkapnya.

Diketahui, Jawa Timur adalah sentra produksi ternak dengan populasi sapi terbesar nomor 1 di Indonesia saat ini.

Populasi Ternak di Jawa Timur saat ini sebanyak 4.928.987 ekor.

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh Dinas Peternakan Jawa Timur saat ini terdapat 61.109 ekor sapi/kerbau siap potong untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Jawa Timur ini merupakan salah satu lumbung sapi nasional dan lumbung telur ayam ras kita," ungkap Nasrullah.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan bahwa ketersediaan pangan ternak seperti daging sapi, ayam, dan telur di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News