Jelang Rekap Suara KPU Gelar Rakornas

Jelang Rekap Suara KPU Gelar Rakornas
Jelang Rekap Suara KPU Gelar Rakornas
JAKARTA - Mengingat Rabu besok (22/7) akan dilaksanakan pleno rekapitulasi nasional perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini (21/7) melaksanakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) persiapan rekapitulasi. Rakornas tersebut diikuti oleh para ketua atau anggota KPU provinsi se-Indonesia.

''Pertemuan ini sebagai bentuk persiapan saja untuk rekapitulasi nasional yang akan diselenggarakan Rabu besok (22/7),'' kata anggota KPU, Abdul Aziz kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (21/7). Sebab, melalui Rakornas ini setidaknya akan dapat diketahui sejauhmana kesiapan KPU provinsi untuk mengikuti rekapitulasi. Selain itu, dalam Rakornas juga akan dibahas teknis pelaksanaan rekapitulasi seperti peserta rekapitulasi, cara pelaksanaannya, serta pengamanannya.

''Rekapitulasi akan dilaksanakan secara bertahap dan KPU akan menginventarisasi KPU provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi di tingkat provinsi, kemudian membaginya dalam beberapa kelompok,'' ungkapnya. Dijelaskan Aziz, sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU, rekapitulasi nasional dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu besok (22/7) hingga Jumat (24/7).

Rekapitulasi dilaksanakan secara terbuka, namun terbatas. Artinya, tidak semua pihak dapat memasuki ruang rapat pleno rekapitulasi dilaksanakan. ''Hanya saksi, pengawas, dan KPU provinsi yang diizinkan masuk ruang rekapitulasi,'' cetusnya. Selain membahas persiapan pelaksanaan rekapitulasi nasional, tambah Aziz, dalam Rakornas ini dibahas tentang sengketa hasil pemilu legislatif 2009.(sid/gus/JPNN)

JAKARTA - Mengingat Rabu besok (22/7) akan dilaksanakan pleno rekapitulasi nasional perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News