Jelang Sea Games, Myanmar Tambah 30 Kuda dari Australia

Jelang Sea Games, Myanmar Tambah 30 Kuda dari Australia
Jelang Sea Games, Myanmar Tambah 30 Kuda dari Australia

jpnn.com - JAKARTA  – Persiapan tuan Rumah SEA Games XXVII/2013 Myanmar cabor equestrian tak main-main. Sebanyak 30 kuda diimpor dari Australia. Kuda-kuda ini akan dijadikan tunggangan para joki di SEA Games mendatang. Empat negara yang akan menggunakan kuda itu adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Kuda memang faktor penting dalam equestrian selain kemahiran joki. Bahkan secara terang-terangan, manajer equestrian Indonesia di SEA Games Prasetiono Sumiskum menyebutkan ada faktor lucky jika negara-negara itu mendapat emas.

Tion, sapaan Prasetiono Sumiskum, membeberkan kuda yang jadi tunggangan para joki akan diundi. Kalau mendapat kuda yang pas, tentunya hasilnya bisa maksimal. Sementara kalau apes, dapat kuda kurang bagus hasil akhir tak bisa dihindari.

Nah, info mengenai didatangkannya kuda asal Australia ini membuat Tion bisa tersenyum. Apalagi update sebelumnya jumlah kuda tak memadai untuk empat engara yang berkompetisi. 

“Kita punya target enam emas di Myanmar. Semoga kita bisa merealisasikannya. Tentunya kita berdoa juga karena faktor keberuntungan sangat tinggi disini. Joki hanya punya 30 menit untuk beradaptasi dengan kuda,” ucap Tion.

Ada tiga kategori yang dilombakan di SEA Games mendatang dari cabor equestrian. Yakni endurance 80 kilometer, dressage dan show jumping.

Di sisi lain, Gading Open yang berakhir kemarin (24/11) di Denkavkud Kodiklat TNI AD Parongpong, Lembang, Bandung, Jawa Barat menjadi ujian terkahir atlet sebelum turun di SEA Games. Sebanyak delapan atlet pelatnas ikut turun di dua kategori yang dilombakan yakni dressage dan show jumping.

Hasilnya tak ada keraguan meraup medali dari equistrian ini. Apalagi ketinggian halang rintang diturunkan dari sebelumnya di SEA Games 2011 120-135 cm, kini hanya 100 cm saja.

JAKARTA  – Persiapan tuan Rumah SEA Games XXVII/2013 Myanmar cabor equestrian tak main-main. Sebanyak 30 kuda diimpor dari Australia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News