Jelang Tahun Baru, Truk Dilarang Lewat Jalan Tol

Jelang Tahun Baru, Truk Dilarang Lewat Jalan Tol
Ilustrasi. Foto : dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan melarang kendaraan bermuatan berat melintas di seluruh Tol Jakarta pada Minggu, (27/12) mendatang. Hal tersebut dilakukan karena kerap terjadi kemacetan parah di tol dalam kota saat musim libur panjang.

"Intinya kami melakukan upaya pencegahan macet pada arus balik. Kami akan larang truk beroperasi pada hari Minggu. Langkah ini harus kami ambil, agar kemacetan tidak separah pada arus mudik kemarin," papar Tito usai shalat Jumat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (25/12).

Sampai saat ini, ujar Tito, kemacetan masih terjadi, terutama pada jalan tol Cipularang yang menuju Bandung. Bahkan, tambah Tito, kemacetan diketahui padat merayap di wilayah tersebut.

"Saat ini kemacetan berangsur lancar. Terakhir dikabarkan ekor kemacetan berada di Cikampek yang menuju Jawa Barat," jelasnya.

Selain pelarangan operasi kendaraan bermuatan berat, Polda Metro akan lebih intensif mekukan pengawasan pada arus balik. Tito menuturkan, akan menambah pos pengamanan dimana petugas lebih aktif melancarkan arus lalu lintas.

"Saat ini salah satu penyebab kemacetan ada pada pos pembayaran karcis, kemudian rest area (tempat beristirahat). Nanti kami akan kerahkan Patroli Jalan Raya (PJR) untuk meminimalisir kemacetan," terangnya. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya akan melarang kendaraan bermuatan berat melintas di seluruh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News