Jemaah Haji Diimbau Tak Menyentuh Unta di Arab

Jemaah Haji Diimbau Tak Menyentuh Unta di Arab
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Jemaah haji asal DKI Jakarta diminta untuk menghindari kontak fisik dengan hewan unta selama berada di Arab Saudi. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus MERS-CoV.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait pencegahan dini virus MERS-CoV. Baik kepada calon jemaah maupun petugas yang mendampingi.

"Kami sudah lakukan penyuluhan dan meminta agar hindari kontak langsung dengan unta seperti berfoto atau minum susu unta di peternakan," ujarnya, Senin (28/8).

Dia juga meminta kepada calon jemaah haji asal ibu kota untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan memakan makanan bergizi seimbang seperti sayur dan buah-buahan.

"Untuk bisa menghindari virus ini calon jemaah haji juga harus melakukan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup," sambungnya.

Menurut Koesmedi, beberapa kegiatan yang juga disarankan kepada jemaah haji seperti cuci tangan dengan sabun serta menggunakan masker bila berada di tengah kerumunan orang.

"Kita ingin jemaah haji DKI pergi dan pulang dari tanah suci dalam kondisi baik," tandasnya. (dil/jpnn)

Jemaah haji asal DKI Jakarta diminta untuk menghindari kontak fisik dengan hewan unta selama berada di Arab Saudi. Hal ini perlu dilakukan untuk


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News