Jembatan Ampera Dicat Ulang, Pengamat Sosial: Jangan Lagi Pakai Warna Simbol Parpol

Jembatan Ampera Dicat Ulang, Pengamat Sosial: Jangan Lagi Pakai Warna Simbol Parpol
Kondisi Jembatan Ampera yang sudah dilapisi primer. Foto: Cuci Hati/jpnn.

jpnn.com, PALEMBANG - Jembatan Ampera akan berganti warna. Hal ini terlihat dari lapisan primer yang kini menempel di Jembatan ikonik Kota Palembang tersebut. 

Untuk lebih jelasnya diganti dengan warna apa belum diketehui. Namun, yang pasti Jembatan Ampera yang berwarna merah itu kini sudah dilapisi dengan primer warna abu-abu. 

Pengamat Sosial Kota Palembang Tarech Rasyid mengatakan bahwa dahulunya Jembatan Ampera yang menghubungkan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir itu dicat dengan warna kelabu dan sangat estetis karena serasi dengan warna langit. 

Namun, karena kepentingan politik warna jembatan itu kerap berganti sesuai dengan partai politik yang berkuasa. Menara jembatan dan pagar pernah berwarna kuning. Kemudian diganti dengan warna merah. 

"Tampaknya, kini Jembatan Ampera itu akan dicat kembali dengan warna biru," ujar Tarech saat diwawancarai via WhatsApp, Selasa (25/7) sore.

Menurut Rektor Universitas IBA Palembang ini, warna biru identik dengan partai Wali Kota Palembang Harnojoyo. 

Namun, Tarech juga belum mengetahui apakah Jembatan hasil dari rampasan saat perang Jepang itu benar-benar akan diganti dengan warna biru, karena itu hanya sebatas perkiraan.

"Kalau menurut saya sebaiknya warna pagar dan Jembatan itu dikonsultasikan dengan seniman lukis atau seniman senirupa. Mereka tentu lebih memahami estetika ruang sehingga Jembatan Ampera yang semula bernama Jembatan Soekarno Presiden RI pertama, menjadi ikon Kota Palembang yang indah," kata Tarech.

Jembatan Ampera Ikonik Kota Palembang akan berganti warna, pergantian warna ini terlihat dari lapisan primer yang sudah menempel di menara Jembatan Ampera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News