Jembatan Kalikuto Belum Kelar saat Puncak Arus Mudik

Jembatan Kalikuto Belum Kelar saat Puncak Arus Mudik
Macet. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa menggelar survei jalan tol Jakarta - Surabaya. Survei sebagai antisipasi kemacetan akibat pembangunan tol Jakarta – Surabaya yang belum kelar 100 persen dan bottleneck menjadi salah satu fokus.

Survei jalan tol Jakarta-Surabaya ini digelar tiga hari dari Jumat (1/6) hingga Minggu (3/6). Untuk hari pertama, Kakorlantas mengunjungi Jalan Tol Batang- Semarang. Tepatnya Jembatan Kalikuto yang diprediksi belum kelar hingga 8 Juni – 10 Juni, yang diprediksi menjadi puncak arus mudik.

Irjen Royke Lumowa menuturkan, titik jembatan Kalikuto ini diprediksi menjadi titik kemacetan krusial saat arus mudik lebaran 2018. Penyebab utamanya adalah penyelesaian pembangunan jembatan baru bisa dilakukan beberapa hari setelah puncak arus mudik. ”Penyelesaian pembangunan jambatan tol Kalikuto ini sekitar 12 Juni atau 13 Juni,” terangnya.

Namun, arus puncak diprediksi terjadi dua hari hingga empat hari sebelumnya, 8 Juni hingga 10 Juni. Kondisi tersebut tentunya membuat Korlantas harus ekstrakeras dalam membuat rekayasa lalu lintas.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan berupa pengalihan arus. ”Sebelum jembatan, kami arahkan ke kiri menuju Jalan arteri hingga menembus ke Jalan Pantura,” terangnya.

Ada tiga titik keluar pengalihan arus. Dengan begitu, tidak terjadi kemacetan pada titik keluar tersebut. Kendaraan terbagi tiga menuju keluar tol. ”Ada rekayasa lain yang juga dilakukan,” ungkapnya.

Yakni, berupa sistem pengoprasian yang hanya dilakukan siang hari. Menurutnya, kondisinya fleksibel dilihat dari kondisi jalan Arteri. Bila jalan Arteri di sekitar tol Batang-Semarang tidak macet saat malam hari, maka jalan tol tidak akan dibuka. ”Kalau macet akan dibuka untuk membagi arus,” terangnya.

Titik kemacetan lain di Jalan Tol Batang –Semarang adalah exit tol Manyaran. Rekayasa untuk exit tol ini sedang dimatangkan. Polres Kendal akan diminta untuk bisa memantau titik tersebut. ”Ada rekayasanya juga, kami sedang siapkan,” ungkapnya.

Jembatan Kalikuto diperkirakan belum kelar saat masa puncak arus mudik, diprediksi menjadi salah satu titik kemacetan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News