Jembatan Selat Sunda Dibangun 2014

DPR Minta agar Dipercepat

Jembatan Selat Sunda Dibangun 2014
Jembatan Selat Sunda Dibangun 2014
JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI-P, Mangara Siahaan, mendesak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk mempercepat pembangunan Jembatan Selat Sunda. Selain untuk mengatasi antrian dan kemacetan di penyeberangan Merak-Bakauheni, kata Mangara Siahaan, pembangunan jembatan itu dari sisi waktu tidak signifikan terpengaruh oleh letusan Gunung Krakatau nantinya.

"Berdasarkan prakiraan Badan Vulkanologi dan Mitigasi Kementerian ESDM serta BMKG, kemungkinan terjadinya letusan dahsyat anak Gunung Krakatau, masih relatif lama atau di atas 100 tahun lagi. Dengan data tersebut, maka sudah selayaknya pembangunan Jembatan Selat Sunda ini dipercepat,” ujar Mangara, dalam rapat bersama Menteri PU, BMKG dan Pemerintah Provinsi Lampung serta Banten, untuk membahas antisipasi letusan anak Gunung Krakatau, Senin (7/3).

Menurut Mangara, percepatan pembangunan Jembatan Selat Sunda itu, sejalan dengan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional. Soalnya saat ini katanya, terlihat adanya aktivitas kegiatan ekonomi yang meningkat signifikan melalui pelabuhan Merak-Bakauheni tersebut. "Itu memerlukan pemecahan yang cepat, lewat pembangunan Jembatan Selat Sunda,” ujar Mangara.

Sementara, Menteri PU Djoko Kirmanto, memastikan bahwa pembangunan Jembatan Selat Sunda itu sudah akan dilakukan pemerintah. "Jembatan dengan panjang sekitar 28 kilometer ini akan segera dilakukan pengerjaannya, sekitar tahun 2014 mendatang," katanya.

JAKARTA - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI-P, Mangara Siahaan, mendesak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk mempercepat pembangunan Jembatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News