Jembatan Titi Dua Sicanang Ambruk, 11 Ribu Warga Terisolir

Jembatan Titi Dua Sicanang Ambruk, 11 Ribu Warga Terisolir
Jembatan Sicanang kembali ambruk dan warga sementara menggunakan titi darurat untuk beraktivitas, Minggu (21/10). Foto: SUTAN SIREGAR/SUMUT POS

jpnn.com, MEDAN - Jembatan Titi Dua Sicanang yang berada di Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara, ambruk, Sabtu (20/10).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun lebih kurang 11 ribu masyarakat di Kelurahan Sicanang terisolir.

Pantauan di lapangan menyebutkan, jembatan yang sudah masuk tahap perbaikan dari Dinas Bina Marga Kota Medan, tanpa disadari bagian sisi tanah yang menghubungkan jembatan lama untuk melintas kendaraan tiba-tiba amblas.

Akibatnya, jembatan yang menjadi akses satu-satunya perlintasan masyarakat putus total. Peristiwa yang disebabkan faktor alam itu, membuat sejumlah masyarakat panik, karena pejalan kaki dan kendaraan tidak bisa melintas dari jembatan tersebut.

Tokoh Pemuda Belawan, Togu Silaen mengatakan, penyebab dari amblasnya tanah di sisi jembatan, karena masalah human error. Diduga, pihak yang berkompeten tidak paham pola pengerjaan terhadap objek yang akan dikerjakan.

“Peristiwa ini, tahun semalam sudah pernah terjadi, baru-baru ini juga pernah kejadian. Kami masyarakat Sicanang kecewa dengan perbaikan ini, terkesan tidak maksimal. Lihatlah, sekarang jembatan putus total, ada 11 ribu jiwa terisolir. Aktivitas masyarakat pasti terganggu,” ungkap Togu.

Ditegaskan Ketua Laskar Merah Putih Belawan ini, dia pernah menyampaikan kepada dinas untuk perbaikan jalan itu agar dikerjakan tidak terkesan asal-asalan, dan jangan dipercayakan kepada pemborong yang tidak punya kualitas.

“Inilah akibat dari Pemko Medan yang mempercayakan kepada pemenang tender yang gagal di tahun semalam. Jembatan ini jadi terbengkalai, padahal sudah berulang kali terjadi masalah alam, harusnya pemborong punya skala kualitas dalam pengerjaan yang tidak berdampak pada masyarakat,” tegas Togu.

Jembatan Titi Dua Sicanang yang berada di Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara, ambruk, Sabtu (20/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News