Jepang Tambah Koleksi Jawara

Fatahillah Tumpu Indonesia Rebut Jaket Hijau

Jepang Tambah Koleksi Jawara
Para pembalap sepeda peserta Speedy Tour d' Indonesia melewati Taman Nasional Baluran, Situbondo pada etape IX rute Probolingo - Banyuwangi, Selasa (2/12). FOTO: Angger Bondan/jawa pos Foto : Angger Bondan/Jawa Pos
BANYUWANGI – Tim nasional Jepang menambah gelar juara etape Tour d’ Indonesia (TdI) 2008 setelah Masakazu Ito menjadi pembalap yang finis pertama pada etape IX even berhadiah total USD 100 ribu tersebut. Itu sukses kali kedua bagi Ito sekaligus timnas Jepang. Sebelumnya, dia meraih juara pada etape IV (Purwokerto–Semarang). Uniknya, dia selalu berjaya pada jalur panjang. 

Gelar kampiun pertama diperoleh pemuda berusia 20 tahun tersebut dengan menempuh jarak 221 km. Sedangkan kini, dia juga meraih juara dalam jalur yang termasuk etape panjang setelah beristirahat di Jogjakarta, yakni Probolinggo–Banyuwangi sejauh 182,8 km. ”Saya sangat senang meski itu tak lepas dari keberuntungan,” ucap Ito setelah menerima apresiasi sebesar USD 900, Selasa (2/12). Dia memang tak menyangka bisa menjadi pemenang. Sebab, dia selalu berada dalam rombongan besar. 

Baru pada 1 km menjelang finish, Ito menggenjot sepeda sekuat tenaga untuk lepas dari lawan-lawannya. Itu bukan pekerjaan mudah. Apalagi, dalam rombongan tersebut terdapat pembalap Malaysia yang juga jago sprint, Anuar Manan. Gelar yang dituai Ito itu cukup mengejutkan. Sebab, dia tak menduduki empat besar dalam dua kali perebutan intermediate sprint. Justru pembalap Indonesia yang berkuasa. 

Rakhmadani yang berkostum Kutai Kartanegara Cycling Team sukses menjadi juara pada intermediate sprint pertama di Jl Raya Besuki, Situbondo, Jawa Timur, disusul dengan Fatahillah Abdullah dari Bintang Kranggan Cycling Club. Rakhmadani masih menambah poin untuk perebutan jaket hijau itu pada intermediate sprint kedua di Jl A. Yani. Hanya, dia tak menjadi nomor satu, melainkan menempati urutan keempat. Perolehan tersebut bisa mendongkrak peringkat Rakhmadani menuju urutan keempat klasemen sementara dari posisi kesembilan.

BANYUWANGI – Tim nasional Jepang menambah gelar juara etape Tour d’ Indonesia (TdI) 2008 setelah Masakazu Ito menjadi pembalap yang finis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News