Jerman Abaikan Latihan Penalti

Jerman Abaikan Latihan Penalti
Tim Nasional Jerman saat menjalani sesi latihan. Foto: Getty Images
GDANSK - Kubu Jerman tak mau ambil pusing dengan kemungkinan terjadinya drama adu penalti untuk menentukan hasil pertandingan semifinal melawan Italia. Buktinya, kubu Jerman tak melakukan antisipasi khusus terhadap hal itu. Tak ada latihan serius adu penalti seperti yang sempat dilakukan Inggris jelang menghadapi Italia di perempat final.

   

Penegasan tersebut diungkapkan Pelatih Kiper Jerman Andreas Kopke jelang timnya menghadapi Italia di Warsawa, besok. Fakta bahwa Italia baru saja meluluh lantakkan harapan Inggris dengan adu penalti tak membuat gentar Kopke. Dia malah mengungkapkan bahwa Jerman bukan tim yang mengejar adu penalti dalam laga tersebut.

   

Satu alasan lain yang dikemukakan oleh Kopke adalah latihan khusus untuk adu penalti adalah hal yang sia-sia. Sebab, atmosfer latihan dengan tekanan dalam pertandingan bak bumi dan langit. Jadi, menurut Kopke, sangat mustahil untuk melakukan hal yang sama saat pemain mengalami kelelahan dan mengalami tekanan besar untuk laga menentukan.

   

"Nyaris mustahil untuk melakukan praktik adu penalti saat latihan. Itu tak banyak memberi hasil, karena anda tak bisa benar-benar melakukan simulasi tekanan psikologi pada penjaga gawang dan pemain. Saat latihan, pemain hanya menendang keras tanpa terbebani tekanan," tutur Kopke seperti dikutip AFP.

   

GDANSK - Kubu Jerman tak mau ambil pusing dengan kemungkinan terjadinya drama adu penalti untuk menentukan hasil pertandingan semifinal melawan Italia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News