Jerman Tawarkan Subway

Jerman Tawarkan Subway
Jerman Tawarkan Subway

jpnn.com - MAKASSAR -- Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia tertarik untuk menggagas kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Bahkan, Dubes Jerman, Dr. Georg Witschel, menawarkan ke Pemkot untuk pembangunan sistem kereta bawah tanah (subway) di Makassar. Ini sebagai salah satu solusi mengatasi kemacetan.

Apalagi, dia menganggap Makassar belum semacet Jakarta. Dia memuji Kota Makassar punya banyak kesamaan dengan Kota Bremen, Jerman.  Menurutnya, Makassar merupakan daerah yang sangat dinamis.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, mengatakan salah satu problematik Kota Makassar dalam sistem transportasi adalah macet. Beban Makassar sudah semakin berat. Namun, sejumlah upaya dan simulasi yang dilakukan untuk mengurangi macet, antara lain Bus Rapid Transit (BRT).

Menurutnya, kebutuhan Makassar akan subway akan lebih penting untuk Makassar ke depan. Bisa saja program tersebut dilaksanakan. Hanya saja, lanjutnya, Pemkot tidak mau memecahkan masalah tetapi kemudian memunculkan masalah baru.

"Sistem transportasi perlu dipikirkan. Penawaran ini menjadi penting. Pemerintah Jerman bisa menyuplai kami master plan yang tepat," ujar Ilham seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group), Kamis (13/3). (lin/ian)


MAKASSAR -- Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia tertarik untuk menggagas kerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Bahkan, Dubes Jerman,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News