Jet Pakistan Serang Taliban

Operasi di Perbatasan, 30 Militan Dilaporkan Tewas

Jet Pakistan Serang Taliban
MILITAN - Para anggota kelompok militan Taliban di kawasan perbatasan Pakistan-Afganistan. Foto: Telegraph.co.uk.
ISLAMABAD - Jet-jet tempur Pakistan, Sabtu (20/2) waktu setempat, dilaporkan telah menewaskan setidaknya 30 orang anggota kelompok militan Taliban, di sebuah kawasan penggunungan yang terpencil, di daerah perbatasan dengan Afganistan. Demikian sebagaimana diberitakan Reuters, mengutip laporan dari pihak militer setempat, terkait dengan perkembangan aksi ofensif terbesar kekuatan NATO yang dipimpin pasukan AS atas Taliban di kawasan itu.

Sementara selain rangkaian operasi itu, pemerintah Pakistan yang di-back up AS juga telah menjalankan operasi penangkapan beberapa tokoh Taliban bulan ini. Bahkan dilaporkan, mereka telah menahan setidaknya tiga tokoh senior - termasuk orang nomor dua - dari kelompok tersebut.

Pasukan keamanan Pakistan yang terlibat dalam operasi bersama AS dan NATO, sebelumnya telah melancarkan serangan besar-besaran terhadap salah satu basis utama Taliban Pakistan yang dikatakan juga di-back up oleh Al Qaeda, di daerah Waziristan Selatan. Upaya ini sendiri dilaporkan setidaknya telah dimulai sejak Oktober 2009 lalu, dan sejauh ini pihak militer mengklaim telah menguasai sejumlah basis kekuatan militan di sana.

Serangan udara Sabtu ini sendiri, dilaporkan dipusatkan di Shawal, salah sebuah kawasan perlindungan kelompok militan di dekat perbatasan wilayah selatan dan utara Waziristan. Di kawasan inilah diyakini ada banyak anggota Taliban yang melarikan diri pasca operasi militer Oktober lalu, demikian juga halnya dengan sejumlah anggota kelompok militan Al Qaeda.

ISLAMABAD - Jet-jet tempur Pakistan, Sabtu (20/2) waktu setempat, dilaporkan telah menewaskan setidaknya 30 orang anggota kelompok militan Taliban,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News