Jet Tempur AS Sudah di Manado sejak 31 Oktober, Lihat!

Jet Tempur AS Sudah di Manado sejak 31 Oktober, Lihat!
LATIHAN TEMPUR: Pesawat jet tempur F-18 milik Korps Marinir AS berpartisipasi dalam latihan bersama Cope West, bersama pesawat jet tempur F-16 TNI AU, di Lanudsri, Selasa (1/11), di Appron Bandara Sam Ratulangi. Latihan ini hingga 11 November. Foto: Paul Bawole/ Manado Post/JPNN.com

jpnn.com - MANADO - TNI Angkatan Udara (AU) RI menggelar latihan gabungan bersama US Army, sejak 31 Oktober 2016.

Latihan militer ini, dilangsungkan di Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado, tepatnya di apron Bandara Sam Ratulangi.

Skadron yang terlibat dari TNI AU yaitu Skadron Udara 3 Wing 3 Lanud Iswahjudi dan jet tempur milik Korps Marinir AS.

Pesawat tempur berteknologi canggih digunakan kedua angkatan bersenjata tersebut.  Ada 6 pesawat F-16 milik TNI AU dan 6 pesawat F-18 Hornet Skadron 3 VMFA (Aw).

Pesawat SAR, 1 Helly Super Puma dengan Tim SAR 6 personel dari Yonko 466 Paskhas. Juga pesawat dukungan C-130 Hercules dan C-17 Globe Master. Melibatkan 250 personel TNI AU dan 225 personel dari US Army.

Hingga 11 November, masyarakat Bumi Nyiur Melambai akan menyaksikan pesawat-pesawat tempur, lalu lalang di seputaran langit Sulut.
 
Namun, menurut informasi yang didapat Manado Post (Jawa Pos Group), Amerika sengaja memilih Sulawesi Utara, sebagai lokasi melaksanakan latihan militer, tidak lain untuk memantau aksi demo 4 November di DKI Jakarta.

Pasalnya, muncul dugaan adanya gerakan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang coba-coba ‘bermain’ di balik demo besar menuntut Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diadili karena diduga melakukan penistaan agama.

Namun, menurut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Marsekal Pertama TNI Nanang Santoso mewakili Asisten Operasi Kasau, Latgab dengan sandi operasi ‘Cope West’, merupakan kesempatan untuk meningkatkan persahabatan dan kerjasama Indonesia-Amerika.

MANADO - TNI Angkatan Udara (AU) RI menggelar latihan gabungan bersama US Army, sejak 31 Oktober 2016. Latihan militer ini, dilangsungkan di Pangkalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News