Jika Berhasil di Pilkada 2020, PDIP Bisa Menang Banyak di Pilpres 2024

Jika Berhasil di Pilkada 2020, PDIP Bisa Menang Banyak di Pilpres 2024
Ilustrasi - Sejumlah bendera PDI Perjuangan yang terpasang di beberapa titik jalan. Foto: ANTARA/Fiqih Arfani

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai PDI Perjuangan merupakan partai politik yang berbeda dengan yang lainnya.

Semangat gotong royong politik PDI Perjuangan juga dianggap sebagai modal dasar dan identitas partai untuk memenangkan kontestasi di mana pun berada.

Hal ini disampaikan Burhanuddin saat menjadi pemateri dalam Sekolah Partai Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah gelombang pertama melalui virtual, Sabtu (22/8).

Hadir Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Bambang 'Pacul' Wuryanto sebagai pemateri.

"Jadi umumnya partai, setelah memberikan rekomendasi, kemudian perannya hilang tenggelam.Tetapi tadi Mas Bambang Pacul sudah sangat terang benderang menjelaskan komitmen PDI Perjuangan yang bukan sekadar meminang tetapi juga meyakinkan bahwa calon yang diusung itu menang dan dikawal proses pemenangannya hingga sampai pada proses cover endingnya," kata Burhanuddin.

"Jadi apresiasi tentu saja buat PDIP di bawah Ibu Megawati dan Mas Bambang Pacul sebagai Ketua Bappilu agar calon tidak kehilangan arah," tambah dia.

Burhanuddin mencontohkan banyak kepala daerah yang dimenangkan justru oleh sistem PDI Perjuangan. Contoh-contoh itu banyak menonjol di Jawa Tengah di mana basis massa PDI Perjuangan sangat kuat dan tegak lurus.

Untuk di konstestasi daerah paling rumit seperti Jakarta, kata Burhanuddin, PDI Perjuangan telah membuktikannya di Pilgub DKI 2012.

PDI Perjuangan dianggap telah berhasil mencetak calon pemimpin-pemimpin yang memenangkan pilkada sehingga jadi penentu untuk menghadapi Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News