JPNN.com

Jika Pak Amien Rais jadi Wantimpres..

Rabu, 10 Juli 2019 – 16:48 WIB Jika Pak Amien Rais jadi Wantimpres.. - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Karyono Wibowo memprediksi Partai Amanat Nasional (PAN) akan bergabung dengan koalisi partai pemerintahan. Setelah diterima masuk, PAN kemungkinan bakal mendapat jatah untuk menempatkan tokohnya di Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Hanya saja, kata Karyono, PAN harus cermat mendorong tokohnya yang akan masuk jajaran Wantimpres. Jika salah mendorong tokoh, PAN terancam tidak diterima sebagai partai pemerintah.

Karyono menuturkan, PAN sebaiknya tidak mendorong Amien Rais sebagai Wantimpres. Menurut dia, PAN bunuh diri jika mendorong Amien sebagai Wantimpres dan di sisi lain mau masuk partai pemerintah.

"Itu akan menghambat PAN masuk ke koalisi. Lebih baik menyodorkan nama lain," ucap dia saat dihubungi, Rabu (10/7).

BACA JUGA: PAN Berpotensi Dapat Jatah Menteri dan Wantimpres dari Jokowi

Menurut Karyono, PAN wajib memikirkan sosok selain Amien sebagai Wantimpres. Dia yakin, banyak tokoh senior PAN yang memiliki kapabilitas menjabat Wantimpres.

"Masih banyak nama lain selain Amien Rais kalau PAN mau bergabung ke koalisi. Jangan mendorong sosok yang kontroversial seperti Pak Amien. Itu akan menghambat masuknya PAN," ucap dia.

Secara politik, kata dia, pemerintah bakal mendapat banyak efek negatif ketika Amien menjabat Wantimpres di era Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...