JK Dukung Kenaikan BBM

JK Dukung Kenaikan BBM
JK Dukung Kenaikan BBM
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kenaikan harga bahan bakar minyak harus dilakukan tahun depan. Bila tidak, subsidi BBM di APBN 2013 diperkirakan akan mencapai Rp 200 miliar atau lebih besar dari anggaran infrastruktur.

"Membangun infrastruktur itu butuh uang. Lantas kenapa kita tidak punya uang untuk membangun infrastruktur, itu karena semua anggaran habis untuk subsidi," katanya dalam sebuah diskusi ekonomi di Hotel Arya Duta kemarin (12/12).

Pemangkasan subsidi BBM dapat dilakukan dengan dua cara, yakni pembatasan kendaraan dan pembatasan konsumsi BBM. Pembatasan kendaraan lebih sulit dilakukan karena berimbas pada penurunan pertumbuhan ekonomi. Sementara, pembatasan konsumsi dapat dilakukan dengan menaikkan harga BBM.

Kalla mengakui kenaikan harga BBM akan berimbas pada angka inflasi. Namun, berdasarkan pengalamannya menaikkan harga BBM hingga 130 persen, peningkatan harga-harga akibat kenaikan harga BBM akan kembali stabil dalam beberapa waktu.

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kenaikan harga bahan bakar minyak harus dilakukan tahun depan. Bila tidak, subsidi BBM di APBN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News