JK Perintahkan Borong Semua Roti di Makassar Kirim ke Palu

JK Perintahkan Borong Semua Roti di Makassar Kirim ke Palu
Jusuf Kalla. Foto: Tim Media Wapres

jpnn.com, PALU - Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla memerintahkan jajarannya membeli semua roti di seluruh pabrik roti yang ada di Makassar Sulawesi Selatan, untuk dikirim ke lokasi bencana di Sulawesi Tengah. Dalam hal ini PMI menggandeng Kalla Grup dalam pembelian makanan tersebut.

Selain roti, PMI juga menyalurkan makanan lainnya seperti telur asin. Setibanya di Palu, seluruh makanan siap saji tersebut langsung dipindahkan ke helikopter untuk disalurkan melalui udara ke lokasi terdampak yang sangat sulit dijangkau oleh transportasi darat.

Ada dua titik dropping roti dan telur asin di Kabupaten Sigi dan Donggala, yaitu Kulawi yang terletak pada lokasi ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan Lambara di pesisir barat Kabupaten Donggala.

PMI juga menggandeng TNI-AD menggunakan Heli M-17 Puspenerbad dan Jhonlin Air Transport menggunakan Heli Bell 429 untuk digunakan men-dropping makanan siap saji tersebut.

Pare Pos melansir, masyarakat di kedua tempat tersebut sangat bersyukur atas pengiriman makanan siap saji bantuan PMI itu. Sebab, mereka sudah beberapa hari belum bisa memasak karena sejumlah peralatan rumahnya ikut rusak akibat gempa yang disertai longsoran lumpur.

Berdasarkan pengalaman menangani tsunami Aceh 2004, gempa Yogya dan Jateng 2006, erupsi Gunung Merapi 2010, pendistribusian makanan siap saji berupa roti dan telur asin dinilai paling efektif.

Pengungsi yang ada biasanya mengalami kesulitan dalam hal makanan, dikarenakan kesulitan menyiapkan perlengkapan memasak dan bahan baku masakannya. (*/ade/parepos)


Roti dan telur asin dianggap sebagai makanan siap saji paling efektif buat korban gempa dan tsunami.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News