JK Sindir Pemerintahan SBY

JK Sindir Pemerintahan SBY
JK Sindir Pemerintahan SBY
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan, pimpinan yang hanya mengatur orang-orang yang seide belum dapat dikategorikan sebagai pemimpin. Sebab menurut JK, prinsip dasar pemimpin terletak pada kemampuan untuk memengaruhi orang lain.

"Kalau hanya mengelola atau memimpin orang-orang satu ide, dan menganggap orang yang berlainan ide adalah lawan, itu koordinator namanya," kata JK di kantor PMI, Jakarta, Selasa (5/4), saat menerima kunjungan DPP Organisasi Kemasyarakatan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) yang dipimpin oleh ketua umumnya, Priyo Budi Santoso.

Pemimpin, lanjut JK, harus mampu memengaruhi banyak masyarakat, termasuk warga negara agar ikut dengan gagasannya menuju kondisi yang lebih baik. "Kepemimpinan yang membawa masyarakat ke suatu tujuan itu yang sangat kurang saat ini hingga perubahan tidak kunjung terjadi," jelas mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

JK mencontohkan soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dunia sebagai akibat dari gejolak politik sejumlah negara produsen minyak dunia. "Sudah terlalu banyak opsi yang dilontarkan ke masyarakat bahkan dibawa ke DPR. Tapi tidak satupun yang dieksekusi. Kalau mau menaikan harga BBM, naikan saja, asal argumentasinya jelas. Kenapa tidak berani?" tanya JK.

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan, pimpinan yang hanya mengatur orang-orang yang seide belum dapat dikategorikan sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News