JK Tolak Ide Pembentukan Kementrian Bencana

JK Tolak Ide Pembentukan Kementrian Bencana
JK Tolak Ide Pembentukan Kementrian Bencana
JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu memiliki kementrian bencana. Alasannya, karena sudah ada Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) yang posisinya setingkat kementrian.

Menurut JK, justru yang perlu dilakukan adalah meningkatkan koordinasi. "BNPB sudah setaraf dengan kementrian. Tidak perlu. Yang harus dilakukan meningkatkan koordinasi saja," kata JK yang juga mantan Wakil Presiden di sela-sela acara penyerahan bantuan anggota DPD Djan Faridz di Kantor PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (8/11).

Menurut JK, keberadaan BNPB sesuai dengan Undang-undang No 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana sudah sangat kuat. Kata dia, tinggal pelaksanaannya saja yang perlu ditingkatkan.

"Dulu juga tanpa itu (Kementrian Bencana) kita juga bisa menangani. Tsunami di Aceh cepat juga ditangani. Memang kita harus berjibaku menangani bencana. PMI saja tidak punya hubungan bisa," ucapnya.

JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu memiliki kementrian bencana. Alasannya, karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News