JK Tutup Munas Alim Ulama dan Konbes NU

JK Tutup Munas Alim Ulama dan Konbes NU
Wapres Jusuf Kalla. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, LOMBOK - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (25/11) pagi.

JK akan menutup Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdatul Ulama (NU) 2017 di Pondok Pesantren Darul Quran Bengkel di Jalan Tgh Ibrahim Al-Khalidi, Desa Bengkel, Labu Api, Lombok Barat, NTB siang ini.

Sebelum sambutan, Wapres akan menerima hasil Munas Alim Ulama dan Konbes Nu 2017 dari Ketua Umum PB NU Said Aqil Siraj.

Munas dan Konbes NU yang mengusung tema “Memperkokoh Nilai Kebangsaan melalui Gerakan Deradikalisasi dan Penguatan Ekonomi Warga”. Munas dan Konbes NU dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (23/11) lalu.

Merujuk pada NU online disebutkan bahwa Munas Alim Ulama membicarakan masalah-masalah keagamaan menyangkut kehidupan umat dan bangsa.
Sebagai forum bahtsul masail akbar, Munas Alim Ulama membagi pembahasan masalah-masalah keagamaan ke dalam tiga kategori.

Yaitu Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Waqi’iyyah (pembahasan masalah-masalah keagamaan aktual), Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Maudlu’iyyah (pembahasan masalah-masalah keagamaan tematik), dan Bahtsul Masail ad-Diniyyah al-Qonuniyyah (pembahasan masalah-masalah keagamaan berkaitan dengan perundang-undangan).

Sementara Konbes NU lebih membicarakan pelaksanaan keputusan-keputusan Muktamar, mengkaji perkembangan program, memutuskan Peraturan Organisasi (PO), serta menerbitkan rekomendasi.

Oleh karena itu, dalam Konbes NU ini forum permusyawaratan dikerucutkan ke dalam tiga komisi pembahasan, yaitu Komisi Program, Komisi Organisasi, dan Komisi Rekomendasi.

Wapres akan menerima hasil Munas Alim Ulama dan Konbes NU 2017 dari Ketua Umum PB NU Said Aqil Siraj

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News