JK: Universitas Harus Menciptakan Alumni Berkarakter

JK: Universitas Harus Menciptakan Alumni Berkarakter
JK: Universitas Harus Menciptakan Alumni Berkarakter
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan universitas sebagai penyelenggara pendidikan jangan hanya mengandalkan mutu, tapi juga harus kreatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Menurutnya, bila universitas tidak bisa bersikap kreatif terhadap tuntutan zaman, makan akan menciptakan masalah baru dalam dunia pendidikan.

Pernyataan pria yang akrab disapa JK ini disampaikan dalam Seminar Nasional yang diadakan Majelis Guru Besar Universitas Trisakti  bertema ‘Pendidikan Dapat Menjadi Sumber Masalah Kualitas dan Karakter Bangsa’ yang diadakan di Auditorium Gedung D, Universitas Trisakti (Usakti), di Jakarta, Selasa (29/5) . JK berpesan, Usakti sebagai penyelenggara pendidikan harus memiliki kreatifitas untuk menciptakan alumni yang berkarakter dan memiliki jiwa kreativitas dan inovatif sehingga menjadi lembaga pendidikan yang solutif terhadap permasalahan bangsa.  “Dengan begitu, pendidikan tidak akan menjadi masalah, namun bisa menjadi solusi,” katanya.

Selain JK, turut pula beberapa tokoh nasional sebagai pembicara dalam seminar ini. Di antaranya, Wakil Ketua MPR Hajrianto Thohari, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, dan Utusan Khusus Presiden RI Untuk MDG’s Nila Djuita Moeloek.

Dalam sambutannya, Rektor Usakti Thoby Muthis juga menekankan pentingnya sarana untuk menunjang pendidikan yang membangkitkan semangat berkualitas dan berkarakter dalam kehidupan. Kata dia, berbicara soal pendidikan berarti terkait dengan ketulusan dan hati nurani. “Oleh karenanya mari bersama Majelis Guru Besar, kita ciptakan sifat 4 Pilar kebangsaan yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis melalui lembaga pendidikan dimulai  dari dalam lingkungan internal Usakti dan eksternal baik Nasional maupun Internasional," ucapnya.

JAKARTA - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan universitas sebagai penyelenggara pendidikan jangan hanya mengandalkan mutu, tapi juga harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News