Jokowi 3 Periode? Ini Kata Ramses

Jokowi 3 Periode? Ini Kata Ramses
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai wajar munculnya suara yang menginginkan Presiden Jokowi kembali maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024.

"Saya kira alasan yang paling logis dari hal itu ialah karena pengin program Jokowi berjalan kontinu atau berkelanjutan. Kalau itu alasannya, saya kira cukup masuk akal," ujar Ramses kepada JPNN.com, Kamis (18/2).

Apakah mungkin alasan menginginkan Jokowi maju kembali karena belum ada tokoh yang mumpuni untuk menggantikannya?

Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini meragukan hal tersebut.

"Saya kira kalau itu alasannya kurang tepat, bukan karena belum ada tokoh mumpuni, tetapi lebih terkait pada alasan program agar berkelanjutan," ucapnya.

Meski demikian, dosen di Universitas Mercu Buana ini menegaskan, Jokowi tidak dimungkinkan untuk dapat maju kembali sebagai calon presiden.

Sebab, UUD 1945 sangat jelas mengatur masa jabatan seorang kepala negara hanya boleh satu kali, dan dapat dipilih sekali lagi.

Artinya, hanya dimungkinkan untuk menjabat sebanyak dua kali dan Jokowi saat ini menjabat sebagai presiden untuk periode yang kedua.

Maksimus Ramses menilai ada alasan yang masuk akal jika masyarakat menginginkan Jokowi kembali menjabat sebagai presiden.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News