Jokowi Akan Sampaikan Visi Maritim di Pertemuan APEC

Jokowi Akan Sampaikan Visi Maritim di Pertemuan APEC
Jokowi Akan Sampaikan Visi Maritim di Pertemuan APEC

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertolak ke Beijing, Tiongkok untuk menghadiri pertemuan APEC. Di forum negara-negara Asia-Pasifik tersebut, Jokowi akan menjadi salah seorang pembicara.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla, salah satu hal yang akan dipaparkan Presiden adalah visi maritim Indonesia.

"Ya, tentu Pak Jokowi akan sampaikan ide program Indonesia," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Halim, Jakarta, Sabtu (8/11).

JK pastikan, Presiden akan memperjuangkan seluruh kepentingan nasional maupun regional Indonesia dalam forum tersebut. "Bagaimana ekonomi kita tumbuh, bagaimana investasi, infrastruktur, bagaimana juga Laut Cina Selatan," paparnya.

Namun, mantan Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan, negara-negara sahabat juga memiliki kepentingan masing-masing. Sehingga, respon terhadap apa yang disampaikan Indonesia bergantung juga pada kepentingan mereka.

Setelah dari Beijing, Presiden dijadwalkan hadir di ASEAN Summit di Myanmar pada tanggal 12-14 November. Jokowi juga berencana menghadiri G-20 Leaders Summit di Brisbane Australia tanggal 15-16 November 2014.

Menkopolhukam Tedjo Ehdy Purdijatno mengatakan, dalam rangkaian kunjungan tersebut Jokowi juga akan melakukan pertemuan empat mata dengan sejumlah kepala negara. Di antaranya Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri Australia Tony Abbot dan Presiden Russia Vladimir Putin.

Namun Tedjo enggan mengungkapkan agenda pertemuan-pertemuan tersebut. Menurutnya, Jokowi hanya ingin memperkenalkan diri sebagai presiden baru Indonesia.

JAKARTA - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah bertolak ke Beijing, Tiongkok untuk menghadiri pertemuan APEC. Di forum negara-negara Asia-Pasifik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News