Jokowi Anugerahi 5 Tokoh Ini dengan Gelar Pahlawan Nasional, Siapa Saja?

Jokowi Anugerahi 5 Tokoh Ini dengan Gelar Pahlawan Nasional, Siapa Saja?
Presiden Jokowi dalam keterangannya terkait Hari Pahlawan 2022 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (7/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahi lima tokoh dari berbagai daerah dengan gelar pahlawan nasional.

Kelima orang itu sudah meninggal dunia, yakni Dr. dr. H. R. Soeharto dari Provinsi Jawa Tengah;  KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta; dr. R. Rubini Natawisastra dari Provinsi Kalimantan Barat; H. Salahuddin bin Talabuddin dari Provinsi Maluku Utara, serta K. H. Ahmad Sanusi dari Provinsi Jawa Barat.

Gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh itu karena mereka telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Penyerahan penghargaan yang dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan 2022 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11).

"Hari ini pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada tokoh-tokoh yang telah memberikan kontribusi besar kepada bangsa dan negara," ujar presiden dalam keterangan terpisah.

Gelar pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 96/TK/Tahun 2022 yang ditetapkan pada 3 November 2022.

Acara penganugerahan tersebut dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo beserta para tamu undangan terbatas lain kepada para ahli waris penerima gelar pahlawan nasional.

Penyerahan penghargaan yang dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan 2022 oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News