Jokowi Bakal Relokasi Korban Tsunami di Rajabasa

Jokowi Bakal Relokasi Korban Tsunami di Rajabasa
Presiden Joko Widodo berdialog dengan korban bencana tsunami di Rajabasa, Lampung Selatan, Rabu (2/1). Foto: Biro Pers

jpnn.com, RAJABASA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melihat langsung dampak tsunami Selat Sunda di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan dalam kunjungan kerja pada Rabu (2/1).

Setibanya di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa yang berjarak sekitar 116 km dari bandara Radin Inten II, Jokowi mendapat penjelasan tentang sebaran dampak tsunami Kabupaten Lampung Selatan dari Plt bupati setempat.

Kepala Negara juga melihat bangunan yang terdampak tsunami dan berdialog dengan warga yang terkena dampak tsunami. Kemudian, mantan wali kota Solo itu meninjau bangunan yang terdampak tsunami di Desa Way Muli pada pukul 11.30 WIB.

Dalam keterangan persnya di lokasi itu, Jokowi menegaskan bahwa dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan penanganan pasca bencana tsunami dengan baik.

“Saya sudah sampaikan ke Bupati Lampung Selatan, Gubernur (Lampung), Menteri PU, dan ke BNPB agar segera dilakukan penanganan, terutama setelah evakuasi selesai,” kata Jokowi.

Selain itu, Presiden menjelaskan bahwa warga yang terkena dampak tsunami juga meminta rumahnya segera dibangun. Hal itu menurutnya akan segera dimulai pada areal relokasi yang lebih jauh dari pantai.

“Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan. Tidak ada hunian sementara. Jadi langsung akan dibangun rumah tapi di kira-kira 400 meter dari sini. Ada tanah dua hektare, direlokasi karena memang lokasinya di sini memang sangat rawan tsunami,” tambah Jokowi.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo atau Jokowi melihat langsung dampak tsunami Selat Sunda di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News